Terkikisnya Pondasi Jembatan Brantas Kota Batu Dinilai Rawan Ambrol


Pondasi Jembatan Sungai Brantas Kota Batu di perbatasan kelurahan sisir, dinilai rawan ambrol, banyak bagian pondasi yang terkikis.

Jembatan Sungai Brantas sangat vital untuk taranportasi penghubung dalam Kota Batu, apalagi jembatan itu merupakan penghubung antara Kecamatan Batu, Selecta, dan Karangploso, Kabupaten Malang.

Kepala BPBD Kota Batu, Sasmito, mengatakan pondasi Jembatan Sungai Brantas yang rawan ambrol itu harus segera diberi penyangga karena berpotensi ambruk. Apalagi saat ini intensitas hujan masih tinggi.

"Jembatan itu banyak dilalui kendaraan bermuatan lebih. Banyak juga bus pariwisata. Apalagi hujan masih sering terjadi. Kalau sungainya meluap pondasi bawah itu bisa terkikis habis," ujarnya, Senin (6/3/2017).

Meskipun sudah dilakukan pengukuran oleh pihak terkait, pihaknya meminta agar segera diberi pondasi sementara. Seperti batu besar sebagai penyangga sementara.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pondasi bawah Jembatan Sungai Brantas Kota Batu terkikis. Tak hanya satu sisi saja, dua sisi kaki jembatan terkikis karena air sungai meluap.

Jembatan ini masuk ke dalam ranah Provinsi Jatim. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, sudah melaporkan ke Dinas PUPR Provinsi.

Post a Comment

 
Top
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({ google_ad_client: "ca-pub-9902569366131901", enable_page_level_ads: true }); </script>