Ada 140 TPS Rawan Terjadi Politik Uang di Pilkada Kota Batu


Penyelenggaraan Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batu Periode 2017-2021 mendapat pengawasan ketat. Tercatat ada 141 Tempat Pemungutan Suara (TPS) rawan terjadi praktik politik uang.

"Dari TPS yang ada, beberapa diantaranya rawan politik uang. Jumlahnya lebih dari 140 TPS," ungkap Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Kota Batu Salma Safitri, Sabtu (11/2/2017).

Ia mengatakan berdasarkan data, TPS rawan banyak terdapat di Kecamatan Junrejo, yakni sebesar 46 persen, sisanya terdapat di Kecamatan Batu dan Bumiaji sebanyak 30 persennya.

"Kerawanan dari adanya pergerakan dugaan pemberian uang dan botoh atau petaruh," jelasnya Salma.

Karena itu, pihaknya mengajak seluruh elemen, dan masyarakat bersama-sama mengawasi jalannya Pilkada tanpa ada poloitik uang atau money politik, apalagi proses pilkada hanya satu-satunya di Jawa Timur.

"Upaya kami adalah memaksimalkan pengawas," tegasnya.

Panwas akan memaksimalkam tugas pengawas di daerah rawan tersebut, agar proses Pilkada Kota Batu bisa berjalan secara adil dan jujur serta demokratis.

Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batu periode 2017-2021 diikuti tiga pasangan calon diusung partai politik, dan satu pasangan calon jalur independen.

Pasangan nomor satu adalah Rudi-Sujono diusung koalisi Partai Amanat Nasional (PAN), Partai NasDem dan Partai Hanura.

Untuk pasangan calon urut dua adalah Dewanto Rumpoko, istri Wali Kota Batu Eddy Rumpoko berpasangan dengan Punjul Santoso kini menjabat Wakil Walikota Batu, keduanya diusung PDI Perjuangan.

Duet Hairuddin dan Hendra Angga Sonatha diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat menempati nomor urut tiga.

Sedangkan pasangan calon independen adalah Abdul Majid dan Kasmuri Idris mendapat nomor urut 4.

Sementara jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang memiliki hak mencoblos sebanyak 147.975 pemilih di 420 TPS yang ditetapkan KPUD Batu.

Post a Comment

  1. Silakan Kunjungi Artikel tajenonline.com

    S128 Online
    Laga Ayam

    Dan dapat Hubungi Kontak Whatsapp Kami +62-8122-222-995

    ReplyDelete

 
Top
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({ google_ad_client: "ca-pub-9902569366131901", enable_page_level_ads: true }); </script>