Sebanyak 6 Ton Sampah Diangkat Dari Sungai di Kota Batu


Sebanyak 90 orang tersebar di Sungai Lesti, Sungai Ngaglik, dan Sungai Sisir di Kota Batu, Minggu (10/9/2017), Sambil mengenakan sepatu boot dan sarung tangan, para peserta menyisir kali dan memunguti sampah di sungai.

Kebanyakan sampah yang berhasil diangkat merupakan sampah rumah tangga, popok bayi, pembalut wanita dan plastik. Ahmad Jazuli, koordinator aksi dari Gusdurian Kota Batu mengatakan dalam aksi bersih-bersih ini beberapa titik sungai yang jadi prioritas bersih-bersih.

Yakni Sumber Air Lesti, Sungai Lesti dan Sungai Kebo yang berhubungan langsung dengan sungai di belakang Masjid An Nur Kota Batu. Hadir dalam kegiatan tersebut, Ny Wibi Santoso, istri Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Arief As Sidik.

“Aksi bersih-bersih yang kita laksanakan hari ini adalah kegiatan sapu bersih nyemplung kali Minggu kedua yang kali ini dikoordinatori oleh komunitas Gusdurian,” ujar Jazuli,

Kegiatan kemarin terdiri dari Gusdurian, Zona Bening, Forum Kota Batu Sehat, Komunitas Bank Sampah, Sahabat Air, Relawan BPBD, Relawan Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, SMKN 1 Batu, LPMK  Kelurahan Ngaglik dan masyarakat sekitar lokasi yang dibersihkan.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak warga Kelurahan Ngaglik secara spontanitas mereka ikut berbaur membersihkan sungai. Achmad Rifai, Ketua LPMK Kelurahan Ngaglik bahkan mengusulkan Arief As Sidiq menjadi Bapak Saber Sampah.

Tim mengumpulkan sekitar 6 ton sampah, Kegiatan ini diikuti beberapa komunitas, seperti Bank Sampah Kartini Sasejati, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Gus Durian, Tim Reaksi Cepat, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan sebagainya.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan kegiatan bersih sampah ini untuk menyadarkan masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

“Masyarakat diajak memungut sampah agar tahu rasanya memungut sampah,” kata Arief.

Post a Comment

 
Top
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({ google_ad_client: "ca-pub-9902569366131901", enable_page_level_ads: true }); </script>